Lihat Dengar Rasakan

cobalah sesekali kau bersahabat dengan alam ini, menjadi kawan bagi dunia ini. sebagaimana seorang kawan baik, cobalah sesekali kau dengarkan dengan takzim apa yang coba dunia ini sampaikan padamu. :

dengarkan lirih angin yang seringkali kau abaikan padahal tak sesekali mereka menggoda genderang telingamu. dengarkan dengan takjub bagaimana dedaunan menjatuhkan dirinya pada bumi dengan kelembutan seperti seorang perempuan yang menjatuhkan dirinya pada pelukan sang kekasih. gemericik air melantunkan nyanyian sapa kepada alam dan seluruh isinya sebagaimana ia memberikan kehidupan bagi segala makhluk. tanah yang menjadi tempat berpijak mengukirkan sabda nya lewat hentakan kaki yang memadatkan dirinya untuk menjadi tangguh dan kuat menopang kehidupan semua makhluk. lihatlah dengan kedua bola mata mu semua warna warni yang membentang di angkasa raya, samudera luas, bentangan pegunungan dan pesawahan. tidakkah kau lihat betapa mereka menyampaikan sabda yang indah, menyuguhkan sesuatu yang tak mungkin bisa di beli dengan jiwa sekalipun.


apakah kita telah menjadi kawan yang baik bagi dunia? sebagaimana kita ketika sahabat tak memperlakukan kita dengan baik bahkan mungkin berbalik tak setia dan menyakiti hati kita. bukankah kita pun akan marah dan kecewa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s