Wawancara Shahnaz Haque Mengenai Pencekalan Malaysia

Waktu : Kamis 30 Agustus 2007 Jam 13.00 Wib
Tempat : Delta Radio, Ratu Plaza Jakarta
Reporter : Wanto
Cameraman : Bening

Report :
Selama liputan saya memperhatikan teknik kamera yang di pakai oleh bening, terutama cara mengambil angle yang bagus, namun saya tidak mendapatkan penjelasan yang memuaskan. Saya justru lebih menikmati memerhatikan proses liputan para reporter. bahkan saya juga sempat sedikit chit-chat dengan shahnaz haque mengenai kampanye post abortion syndrome.

Hari ke-2 mendapat teguran dari kordinator liputan karena seharusnya saya memulai magang sebagai kameraman. Meskipun saya tidak tahu-menahu mengenai kamera namun saya tetap keukeuh datang ke bagian logistik dan meminta bantuan mas Ito dan mas Soleram untuk mengajari saya teknik dasar menggunakan kamera. Dalam satu jam saya sudah terbiasa mengoperasikan kamera secara basic.

Beberapa point yang saya dapat secara instan dan otodidak mengenai kamera :

  1. Posisi On Mic On Mic Ch1 adalah posisi standar pada tombol setingan audio.
  2. Ch1 dipakai untuk atmosphere sedangkan Ch2 untuk Mic
  3. Ch1 dan Ch2 bisa dipakai bersamaan sehingga bisa menghasilkan efek stereo dengan catatan volume salah satunya harus lebih kecil agar suaranya tidak bertabrakan.
  4. Posisi auto lock di rubah ke hold agar setingan manual bisa difungsikan.
  5. Focus dapat dilakukan secara manual ataupun auto. fokus secara manual hasilnya jauh lebih baik daripada secara auto namun dibutuhkan teknik yang baik dalam mengatur zoom, warna dan iris. auto sebaiknya di pakai hanya ketika saat-saat darurat.
  6. Filter dipakai untuk kondisi ruangan yang berbeda mulai dari terang hingga gelap.
  7. White balance digunakan untuk menambah terang jika setingan lampu dan iris sudah maksimal namun masih kurang terang. standar wb adalah 50 atau 60
  8. Shutter speed dipakai untuk memberi efek pergerakan menjadi lebih lambat sesuai keperluan. namun sebaiknya tidak digunakan. lebih aman di beri efek pada saat pengeditan.
  9. Sebelum record, rubah setingan color bar menjadi on. untuk memulai record lakukan color bar selama 10 detik sedangkan untuk jeda antar record lakukan selama 4 detik.
  10. Untuk mendapatkan fokus yang bagus, objek di zoom in mulai dari matanya lalu mulai di cari fokusnya. setelah dapat baru di zoom out.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s